PON 2016 Diperkuat Jaringan Combat Roda Telkomsel

9:53 PM


PON 2016 Diperkuat Jaringan Combro Telkomsel
PON 2016 Diperkuat Jaringan Combro Telkomsel - Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat akan diperkuat oleh jaringan Combro Telkomsel di sejumlah titik keramaian, khususnya saat acara pembukaan dan penutupan.

Combro yang dimaksud adalah Combat Roda -- compact mobile BTS (Combat) yang dipasangi roda sehingga lebih mudah untuk dibawa ke lokasi keramaian. Total ada 13 titik Combro yang tersebar di sejumlah venue pertandingan serta fasilitas pendukung.

Misalnya, seperti media center, penginapan atlet, bandara dan stasiun kereta hingga Rumah Sakit yang ada di Bandung, Tasikmalaya, Subang, Karawang, Cirebon, Cimahi, Bekasi, Bogor serta beberapa kota lainnya yang di Jawa Barat.

Perkuatan jaringan memang jadi perhatian Telkomsel jelang digelarnya PON ke-19 ini di sejumah kota di Jawa Barat mulai 17-29 September 2016. Instalasi jaringan ini pun ikut dipantau langsung oleh Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi.

"Kami telah melakukan sejumlah persiapan infrastruktur dengan melakukan optimalisasi kapasitas serta kualitas jaringan guna menyambut lonjakan trafik dan menjamin kenyamanan komunikasi semua pihak yang terlibat dalam event PON ini mulai dari atlet, panitia pelaksana, hingga penonton," kata Sukardi, Senin (5/9/2016).

PON XIX 2016 yang menggunakan 61 venue pertandingan di 16 Kabupaten/Kota di Jawa Barat akan melibatkan 16.143 orang yang terdiri dari 8.403 atlet selain tuan rumah, 2195 wasit, pengawas pertandingan, dan juri, serta 4.608 personil panitia pelaksana, dan 805 petugas keamanan.


Selain 13 titik Combro, Telkomsel juga mengoptimalisasi 804 BTS untuk melayani lonjakan trafik selama event berlangsung. Anak usaha Telkom itu juga telah mengindentifikasi 88 hot spot atau POI (Point of Interest) yang menjadi titik utama optimalisasi jaringan di area MASIV, yaitu Media Center (2 spot), Accomodation atau Hotel dan Penginapan Atlet (45 spot), Security atau Posko Utama Keamanan (6 spot), Inbound Entry seperti Bandara, Stasiun dan Terminal, serta Venue atau lokasi pertandingan (35 spot).

Misalnya, seperti Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang akan menjadi venue acara pembukaan dan penutupan PON XIX, Stadion Jalak Harupat dan Stadion Siliwangi yang akan menjadi venue pertandingan utama, Bandara Husein Sastranegara yang akan menjadi titik kedatangan kontingen dari luar Pulau Jawa, serta Trans Luxury Hotel di Bandung yang menjadi lokasi Media Center Utama.

Sukardi lebih lanjut menambahkan, guna memastikan kualitas layanan TrueBEx atau True Broadband Experience, sekitar 448 BTS 3G dan 102 BTS 4G LTE Telkomsel telah tersebar di sejumlah venue yang diperkirakan akan dihadiri penonton dalam jumlah yang cukup banyak.


Ketersediaan jaringan internet cepat, khususnya dengan 4G LTE Telkomsel diyakini akan mendorong peningkatan penggunaan jaringan broadband baik oleh panitia, atlet, media, maupun oleh masyarakat untuk mengakses informasi terkini mengenai PON XIX seperti melalui situs berita online, atau sekedar untuk memposting video atau foto pengalaman menonton langsung di venue pertandingan melalui media sosial.

Serangkaian upaya optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan telah dilakukan oleh Telkomsel guna mengantisipasi lonjakan trafik selama ajang ini berlangsung di Jawa Barat, yang diprediksi akan meningkat sekitar 3% untuk layanan SMS, 5% untuk layanan voice, dan 7% untuk layanan data yang akan menembus 171 TeraByte dibandingkan hari biasa.

"Optimalisasi kapasitas dan kualitas yang dilakukan Telkomsel sudah dipersiapkan sejak tahun lalu dan selalu dilakukan pengecekan secara berkala guna menjamin True Broadband Experience yang berbeda bagi masyarakat saat menikmati seluruh momen PON XIX 2016," pungkas Sukardi. (rou/rou)

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔