Pengertian Debian | PE-ER-JE

7:02 PM


Pengertian debian adalah sistem operasi berbasis open source yang di kembangkan secara terbuka oleh banyak programer yang ingin mengembakan sistem operasi debian. Sistem operasi ini adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dengan menggunakan menggunakan kernel linux, sehingga banyak yang menyebutkan dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi ini mengunakan kernel linux yang merupakan salah satu distro linux yang paling populer dengan kesetabilannya. Rata-rata distro turunan dari debian adalah yang paling banyak digunakan di dunia, contoh  seperti : Ubuntu, Linux Mint, dan Bactrack.

Pengertian Debian menurut Wikipedia, Debian  adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia. Sebuah repositori software adalah lokasi penyimpanan dari paket perangkat lunak dapat diambil dan diinstal pada komputer

Fungsi debian sendiri, salah satunya adalah sebagai server jaringan atau pengatur proses jaringan seperti router, repeater dan yang lainya. Selain itu OS (operating system) debian juga terkenal karena kesetabilannya dibanding dengan distro linux yang lain. Jadi kita juga bisa memakai dengan PC atau laptop yang spesifikasinya rendah. Satu lagi sob, OS debian juga berfunsi untuk  trouble shooting . Artinya bisa mendeteksi  kesalahan yang ada pada hardware, software maupun dari network jaringan.

 versi-versi debian:
 
1.1 buzz (17 juni 1998)
1.2 rex (12 desember 1996)
1.3 bo (5 juni 1997)
2.0 hamm (24 juli 1998)
2.1 slink (9 maret 1999)
2.2 potato (15 agustus 2000)
3.0 woody (19 juli 2002)
3.1 sarge (6 juni 2005)
4.0 etch (8 april 2007)
5.0 lenny (15 februari 2009)
6.0 squeeze (6 februari 2011)
7.0 wheezy (4 mei 2013)
8.0 jessie  (25 april 2015)

Sebenarnya banyak tentang pengertia debian, tinggal pahami apa itu debian, maka kita bisa memberikan pengertian menurut bahasa kita.

Tags : modul debian ubuntu
Fungsi debian
pengertian ubuntu lengkap
pengertian ubuntu
pengertian linux lengkap
pengertian linux
versi-versi debian
versi-versi debian lengkap 
pengertian windows
penjelasan linux debian

pengertian sistem operasi linux debian
pengertian linux debian server
pengertian debian 5
pengertian debian 6

pengertian debian 7
pengertian debian 8
kelebihan dan kekurangan debian

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔